Perkenalkan, “James Bond” Berbentuk Virus

Diposkan oleh liong on Wednesday, August 22, 2012





Sekarang, badan intelijen dari berbagai negara jamak mengembangkan virus dan malware komputer sebagai agen intelijen. Perang dingin antarnegara jadi beralih ke dunia maya. 
Reaktor nuklir Iran, misalnya, pernah lumpuh diserbu virus stuxnet, yang kabarnya dikirim dari Israel. Sebagai balasan, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat di Pentagon juga pernah kalang kabut ketika sistem komputer mereka diterjang virus agent.btz. Tak mau lagi kecolongan, pada 2008, Amerika membentuk unit intelijen pertahanan baru: U.S. Cyber Command.


Beberapa tahun belakangan, muncul beberapa malware baru yang dibuat dengan teknologi amat  kompleks dan mampu menyerang berbagai target serangan yang berbeda. Namun tak berarti malware lama hilang begitu saja. Inilah sejumlah malware yang menonjol lima tahun terakhir sebagai agen-agen intelijen kelas wahid ala »James Bond”.
1. Stuxnet
Stuxnet merupakan worm kompleks yang kemunculannya melahirkan wacana perang cyber, dan kerap disebut sebagai malware generasi baru. Serangannya terjadi di akhir 2010, di mana lebih dari setengah kasus infeksi terjadi di Iran, diikuti Indonesia dan India. Dampaknya terasa pada hard disk yang mendadak penuh tanpa sebab.
Ancaman utama Stuxnet terletak pada kemampuannya mengambil alih kontrol sistem industri seperti mengubah gerak motor atau pompa, memungkinkan terjadinya sabotase . Iran, misalnya, sempat menjadi korban Stuxnet. Malware ini menginfeksi komputer di reaktor nuklir miliknya di Bushehr, namun tidak mengganggu sistem krusial.
2. Duqu
Generasi berikutnya dari Stuxnet adalah Trojan Duqu, yang pertama kali diidentifikasi pada Oktober 2011 dan diduga dibangun oleh pengembang yang sama karena platform desainnya serupa. Berbeda dengan Stuxnet, Duqu digunakan untuk praktek spionase karena mampu mencuri password, mengambil screenshot pada desktop, dan mencuri berbagai jenis dokumen milik korbannya.
3. Flame
Flame merupakan Trojan dengan kemampuan replikasi seperti worm dan dapat menyebar melalui USB maupun local network. Flame diidentifikasi pada Mei 2012, namun diperkirakan mulai beredar sejak 20 Maret 2010.
Program jahat ini bekerja dengan 'mengendus' trafik pada jaringan, mengambil screenshot, merekam pembicaraan, mencuri password, hingga menyadap keyboard. Kemampuannya mencuri data ini menjadikannya sebagai senjata spionase yang berbahaya. Korban Flame beragam, mulai dari individu, organisasi pemerintah, hingga institusi pendidikan.
4. MacTrojan
Malware ini berhasil menumbangkan klaim Apple bahwa Mac adalah produk kebal virus. April lalu, lebih dari setengah juta perangkat Mac terinfeksi Trojan Flashback. Malware ini memanfaatkan kelemahan pada platform Java, yang memungkinkan Flashback terunduh secara otomatis tanpa peringatan.
Pada komputer yang terinfeksi akan terpasang modul jahat, yang salah satu fungsinya adalah menampilkan hasil palsu pada mesin pencari dan dapat memerintahkan untuk mengunduh program jahat lainnya.
5. DNSChanger
DNSChanger sejatinya adalah 'muka lama' karena muncul sejak 2007. Dua minggu terakhir, trojan ini membuat heboh karena diisukan akan menimbulkan 'kiamat Internet' pada 9 Juli lalu.
Cara kerjanya adalah menyerang Domain Name System (DNS), fitur yang mengubah nama domain menjadi deretan angka. Akibatnya, perangkat yang terserang tak bisa mengakses berbagai situs walaupun terkoneksi dengan Internet secara normal.
Tidak hanya PC, trojan ini juga menyerang router. Pada Juni lalu, DNSChanger Working Group mendeteksi bahwa lebih dari 300 ribu alamat IP di seluruh dunia telah terinfeksi. Menurut Alfons Tanujaya, praktisi antivirus dari Vaksin.com, dampak DNSChanger di Indonesia tergolong sangat kecil. Pada 11 Juni lalu, hanya terdeteksi 1.650 IP yang terinfeksi, atau sekitar 0,0033 persen dari pengguna Internet Indonesia yang berjumlah 55 juta.
Share on :
Terima Kasih telah membaca artikel Perkenalkan, “James Bond” Berbentuk Virus Silahkan baca artikel liong-seo Tentang Yang lainnya. Jangan Lupa Share atau Klik G+1 untuk artikel Perkenalkan, “James Bond” Berbentuk Virus diatas, dan baca artikel menarik lainnya dibawah :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

1. Pembaca yang Baik selalu meningggalkan komentar
2. Mohon Komentarnya Sesuaikan Dengan Tema Postingan.
3. Dilarang Keras Menyimpan Link Aktif Dalam Blog (Promosi = SPAM)
4. Jika Tidak Mempunyai Akun Google Gunakan Name dan Url
5. Jika Mau Copas Artikel Mohon Link Sumbernya di Sertakan
6. Makasi Banyak, dan maaf jika ada salah

DMCA.com
Jika Ingin Copas Artikel disini, tolong isikan link kami sebagai sumbernya,
jika tidak ingin blog anda kena BANNED, dll,
-

To Get New Post Update With Email

Enter your email address in box :

Delivered by Liong News

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

-
My Partner Sites
Blogumulus by Roy TanckandAmanda Fazani