11 Penyebab Kebiasaan Yang Merusak Otak

Diposkan oleh liong on Tuesday, October 16, 2012



Otak bisa Rusak ???  kayak mesin yah , hehhe, tapi serius ini, kerusakan otak bisa terjadi pada siapapu,
hal buruk yang kita lakukan dan tanpa kita sadari itu mengganggu otak kita. Di sini saya akan membagikan ke agan - agan semua dengan alami cara agar hal buruk yang biasa kita lakukan dapat kita kurangi, sayangilah otak anda :


1. Tidak Mau Sarapan

Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh!

2. Kebanyakan Makan.
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum Anda kekenyangan.

3. Merokok
Jika rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangkan, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu. Tak ayal di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula
Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit Anda.

5. Polusi Udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.


6. Kurang Tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.

7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak Anda.

9. Kurangnya Stimulasi Otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. Jarang Bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda.

11. Terlalu Memikirkan suatu Masalah,
Masalah adalah suatu yang harus dipikirkan untuk menemui penyelesaiannya, dan untuk kita berhenti memikirkannya, tau kah anda kalau kita sering memikirkan masalah,  atau terlalu banyak memikirkan masalah, yang ada otak kita menjadi pusing dan ujung-ujungnya bisa STRESS,  maka dari itu jika ada banyak masalah, selesaikan satu-satu, dan perlu untuk melakukan refreshing dengan bermain game atau yang lainnya, yang tentunya untuk menghibur otak, agar otak bisa santai sejenak, dan tentunya menghindari dari kerusakan Otak, hehe,



Sekian info dari saya, semoga bermanfaat, jadi sayangi Otak anda, agar nantinya anda saat bekerja tidak diejek seperti, ''Bodoh apakah kamu punya Otak ??  nah pastinya malu kan, jelas- jelas kita punya otak padahal, hehe mungkin otak lagi rusak saat itu, Maka Sayangi Otak,
heheh makasi :)
Share on :
Terima Kasih telah membaca artikel 11 Penyebab Kebiasaan Yang Merusak Otak Silahkan baca artikel liong-seo Tentang Yang lainnya. Jangan Lupa Share atau Klik G+1 untuk artikel 11 Penyebab Kebiasaan Yang Merusak Otak diatas, dan baca artikel menarik lainnya dibawah :

{ 2 komentar... read them below or add one }

Hermanbagus said...

makasih noh sob atas sharenya, bisa menambah wawasan saya :)

Gudang Download said...

sip bro, sering2 berkunjung, :) wah pantes nih bang Herman Dapet reward, komentnya selalu dateng, hehehe

Post a Comment

1. Pembaca yang Baik selalu meningggalkan komentar
2. Mohon Komentarnya Sesuaikan Dengan Tema Postingan.
3. Dilarang Keras Menyimpan Link Aktif Dalam Blog (Promosi = SPAM)
4. Jika Tidak Mempunyai Akun Google Gunakan Name dan Url
5. Jika Mau Copas Artikel Mohon Link Sumbernya di Sertakan
6. Makasi Banyak, dan maaf jika ada salah

DMCA.com
Jika Ingin Copas Artikel disini, tolong isikan link kami sebagai sumbernya,
jika tidak ingin blog anda kena BANNED, dll,
-

To Get New Post Update With Email

Enter your email address in box :

Delivered by Liong News

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

-
My Partner Sites
Blogumulus by Roy TanckandAmanda Fazani